Senin, 05 Oktober 2015

Penggalangan Dana Untuk Kabut Asap



Pembagian Masker Kepada Pengguna Jalan
Kali ini, divisi Pengabdian Masyarakat Paguyuban KSE Unand mengadakan penggalangan dana dan pembagian Masker untuk korban kabut asap diwilayah Dhamasraya, Sumatera Barat.  Penggalangan dana dilakukan pada hari Selasa, 22 September 2015 pada pukul 08.00 Wib. Penerima yang akan melakukan penggalangan dana berkumpul di RuPa (Rumah Paguyuban). Penggalangan dana ini dilakukan di sebuah pasar yang tidak jauh dari RuPa, sebelum berangkat ke pasar untuk menggalang dana penerima menyiapkan peralatan berupa gitar dan kotak dana. Setelah semua persiapan sudah fix, pada jam 09.00 Wib, kami berangkat menuju pasar dengan menggunakan motor, sesampai di pasar kami dibagi menjadi dua kelompok jalan, kelompok pertama melakukan penggalangan dana di toko-toko yang ada di pasar tersebut, sedangkan kelompok kedua melakukan penggalangan dana di dalam los sayur dan ikan. Acara penggalangan dana kami lakukan dengan cara menyanyi yang diiringi oleh gitar.  Sasaran kami dalam penggalangan dana ini tidak hanya pedagang di pasar, namun semua pengunjung pasar pada hari itu. Acara penggalangan dana dipasar kami akhiri pada pukul 12.00 Wib.
Selanjutnya, pada pukul 13.00 Wib kami melanjutkan penggalangan dana di kampus Universitas Andalas. Kami melakukan penggalangan dana di BC (Bussines Center) Unand yang merupakan area cafe dan di PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa). Kegiatan penggalangan dana yang kami lakukan di area kampus tidak jauh berbeda dengan yang kami lakukan di pasar. Selain penggalangan dana tersebut, ada juga sumbangan dana dari mahasiswa beberapa Fakultas di Unand. Pada Penggalangan Dana ini Alhamdulillah terkumpul uang sebesar Rp. 1.025.000,-. Selain itu, kami juga mendapatkan dana dari salah satu alumni Paguyuban, KSE Undip, Rachmad Fajarudin, sebesar Rp.500.000. Setelah kami sharing bahwa kami akan melakukan kegiatan penggalangan dana ini.
Setelah dana terkumpul sebesar Rp. 1.525.000, kami sepakat untuk membeli masker dan membagikannya ke Dhamasraya. Masker yang dibeli dari dana tersebut sebanyak 50 kotak masker (2500 helai). Untuk pembagian masker ini, kami berkumpul di RuPa pada hari Kamis malam dan berangkat ke Dhamasraya pada pukul 19.30 Wib dan sampai di Dhamasraya pukul 01.00 dini hari. Di Dhamasraya kami menginap di rumah salah satu beswan KSE Unand, pagi harinya pada pukul 09.00 Wib kami mengunjungi MTSN dan Pesantren yang terdapat di Dhamasraya. Selesai kami membagikan di sekolah, kami membagikan masker di mesjid kepada orang-orang yang pulang dari sholat Jum’at dan kepada masyarakat. Pada pukul 14.00 Wib kami
Penggalangan Dana di Pasar Dekat Rumah Paguyuban



Pembagian Masker terhadap Masyarakat Sekitar

Pemberian Masker Secara Simbolis kepada Kepala MTSN Dhamasraya

membagikan masker kepada pengguna jalan raya yang kami lakukan sampai pukul 16.00 Wib. Dalam pembagian masker ini kami bekerjasama dengan salah seorang guru di Dhamasraya, usai membagikan masker pada pukul 16.30 Wib kami berangkat kembali menuju padang.Kami berharap dengan sedikit bantuan dari kami dan rekan – rekan yang telah membantu program dan pembelian masker ini dapat membantu masyarakat yang terkena musibah ini sehinga tidak ada korban yang berjatuhan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India . Credit to Ridwan Rosman Syarif