Selasa, 31 Oktober 2023

PELATIHAN ENTERPRENEUR ACADEMY KSE UNAND 2023/2024


Generasi muda adalah sumber kekayaan masa depan, dan kewirausahaan adalah kunci untuk membuka pintu menuju potensi tak terbatas. Di dalam setiap anak muda, ada potensi besar yang menanti untuk diwujudkan, Untuk itu ENTERPRENEUR ACADEMY (EA) diadakan oleh Yayasan untuk mempersiapkan beswan Karya Salemba Empat (KSE) menjadi wirausahawan muda yang turut aktif melakukan pemberdayaan Masyarakat.                 


 

Pada hari Minggu, 29 Oktober 2023, Divi Pendidikan Paguyuban KSE UNAND telah menyelenggarakan pelatihan EA di rumah paguyuban KSE UNAND, dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan mempersiapkan beswan KSE UNAND dalam mengikuti program EA. Selama kegiatan ini, peserta mendapatkan pelatihan intensif tentang perencanaan bisnis, strategi pemasaran, membangun hubungan dengan mitra, dan banyak aspek kunci lainnya yang diperlukan untuk membuat proposal usaha serta belajar langsung dari seorang beswan yang telah mengikuti EA pada periode sebelumnya.

Kegiatan ini memiliki serangkaian acara, dimulai pada pukul 09.00 WIB diawali dengan kata sambutan oleh koordinator Pendidikan Kak Annisa Fadillah, dalam sambutannya kak ica menyampaikan mengenai pengenalan EA. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Paguyuban KSE UNAND Periode 2023/2023 yaitu Bang Raffi Arkan Dinatta. 

“Semoga pada pelatihan EA kali ini, dapat meningkatkan pemahaman beswan KSE UNAND terutama beswan baru sehingga dapat menjadi perwakilin untuk EA yang diadakan oleh Yayasan nantinya" Tutur Bang Raffi.


 

Selanjutnya yaitu penyampaian materi mengenai Pelatihan EA oleh kak Kerina Jefani yang merupakan seorang mahasiswi Unand Jurusan Antropologi Sosial 2020 dan sekaligus beswan KSE UNAND yang telah mengikuti ENTERPRENEUR ACADEMY batch 7 pada bulan agustus lalu. Dalam pemaparannya dijelaskan terdapat 3 tahapan agar dapat mengikuti EA dari Yayasan yaitu, pegumpulan Proposal dan SEP, Pelatihan Online lalu EA. Pada tahap pertama pengumpulan proposal, terdapat 7 aspek yang ditekan yaitu  1) Executive Summarry, 2) Aspek Usaha, 3) Aspek Pemasaran, 4) Aspek barang dan jasa, Aspek Keuangan, 5) Aspek manajemen, 6) Aspek Manajemen dan 7) Lampiran.

“Bisnis dengan ide-ide yang out of the box dan memiliki prospek yang bagus adalah yang dibutuhan” Pesan kak kerin di sela-sela penyampain materinya. Ia juga mengajarkan mengenai teknik pemasaran yang lagi trend untuk sekarang ini yaitu teknik kelangkaan (scarcity effect). Teknik ini membuat seolah-olah produk kita cepat laku dan habis terjual. Kemudian, terdapat teknik Social listening yang lebih mengarahkan untuk lebih interaktif dan mendengarkan konsumen.

Dia juga bercerita yang menghantarkannya sampai ke EA agustus lalu adalah ide usaha yang ia dapatkan saat pandemi 2020 lalu yaitu “EBOW CAKE”. Karena banyak waktu luang disebabkan perkuliahan online dia belajar memasak kue dengan ebok (panggilan untuk ibunya) yang sangat pandai membuat kue. Panggilan ibunya tersebutlah yang menginspirasinya untuk memberi nama usaha tersebut.

Kak kerin juga berbagi pengalamannya selama mengikuti Camp EA batch 7, ia diberi pelatihan yang sangat intensif Bersama dengan beswan dari universitas lainnya yang juga memiliki ide-ide cemerlang. Segala kebutuhan dan pembinaan diberikan oleh Yayasan. “Ini kegiatan yang sangat informatif sekali dan begitu banyak hal yang diberikan selama EA, bahkan kami juga dilatih untuk dapat menjalin hubungan dengan mitra sampai berhasil” Tutur kak kerin yang begitu asyik menyampaikan materinya.

Diakhir sesi penyampaian materinya ia mengadakan fun quiz yang mana beswan yang mampu menjawab akan mendapatkan hadiah. Beswan yang berhasil menjawab fun quiz tersebut ialah Salsabilla Putma dan Hendri Pison. Abil yang menyimak dengan begitu seksama dapat dengan mudah menjawab pertanyaan dan Pison menyampaikan ide cemerlangnya untuk EA tahun ini yaitu “Teknik Pengemasan yang dapat membuat sayuran bertahan lebih lama”.

Semoga untuk EA Batch 8 nanti KSE UNAND memiliki perwakilan kembali dan mengikuti jejak-jejak alumni” Harapan kak kerin untuk beswan KSE UNAND Periode 2023/2034,

Harapan abil sebagai beswan baru, abil sangat berharap di EA selanjutnya banyak beswan dari KSE UNAND termasuk abil yang akan menjadi perwakilan EA" . abil awalnya takut untuk mengikuti EA karena abil belum pernah merasakan bisnis di luar UNAND, tapi karena acara pelatihan EA ini bil menjadi semangat untuk membentuk inovasi baru dan siap untuk menjadi pembisnis muda nantinya.”. Harapan dan kesan abil selaku beswan baru yang mengikuti Pelatihan EA tahun ini





Divisi Hubungan Masyarakat

KSE Universitas Andalas

Sharing-Networking-Developing

 

#KSENusantara

#KSEUnand

#salamsuKSEs

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India . Credit to Ridwan Rosman Syarif