Jumat, 24 November 2023

Biarkan Darah Mengikat Kita Bersama dalam Persaudaraan Selamanya melalui Kegiatan Donoarah KSE UNAND

 

Dokumentasi kegiatan donor darah bersama RSUP. M. Djamil Padang

Kamis (23/11/2023) Paguyuban KSE UNAND mengadakan kegiatan donor darah yang tujuannya membantu menyediakan pasokan darah untuk kebutuhan medis dengan mencari pendonor yang sukarela memberikan sebagian darahnya.

 Kegiatan ini diadakan oleh Divisi Pengabdian Masyarakat (PENGMAS) Paguyuban KSE UNAND yang berkerja sama dengan RSUP. M. Djamil Padang. Pelaksanaan kegiatan donor darah ini tidak hanya diikuti oleh Mahasiswa UNAND saja, melainkan Dosen dan Pekerja Kampus pun juga turut melaksanakan proses pendonoran darah. Kegiatan ini dilaksanakan di Lantai 1 Dasar Perpustakaan UNAND. Berjalannya kegiatan donor darah ini dikoordinasikan oleh Ahmad Fadli selaku Koor Divisi Pengabdian Masyarakat (PENGMAS) serta Gilang Ramadhan Herier dan Prima Alghifari selaku Koor Lapangan Kegiatan Donor Darah.

Kegiatan donor darah sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun yang lalu oleh Paguyuban KSE UNAND. Dengan adanya kepengurusan baru dari Paguyuban KSE UNAND di tahun 2023/2024 ini, Divisi PENGMAS memodifikasi pelaksanaan dari kegiatan donor darah ini. Mulanya kegiatan ini bekerja sama dengan PMI, namun melihat adanya rumah sakit umum pemerintah yang berada di Padang sangat membutuhkan ketersediaan darah bagi pasien yang dirujuk dari berbagai daerah di Pulau  Sumatera,

“Sebagai penerus bangsa tentunya kami ingin membantu rumah sakit umum pemerintah dengan memberikan wadah bagi mereka agar mendapatkan ketersediaan darah yang terpenuhi. Seperti yang diketahui, bahwasannya hampir seluruh rumah sakit tentunya membeli ketersediaan darah itu kepada PMI dan tentunya harga yang ditawarkan PMI sangatlah mahal untuk sebuah kantong darah”, Tutur Salsabilla Putma, jurusan Farmasi, angkatan 2021.

 

Dokumentasi proses pengambilan darah Kegiatan donor darah ini diawali

dengan diadakannya briefing oleh Beswan sebelum memulai acara donor darah pukul 08.00-08.30 WIB agar kegiatan ini lancar dan tentunya sesuai dengan harapan parameter jumlah pendonor. Dalam waktu yang sama dengan dilaksanakannya briefing, pihak dari RSUP. M. Djamil Padang mulai untuk mempersiapkan alat- alat medical check up dan beberapa kasur untuk  proses  pendonoran  darah.  Pukul

09.00 WIB, para pendaftar telah berdatangan untuk melakukan registrasi dengan mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak RSUP. M. Djamil Padang. Setelah para pendaftar mengisi formulir registrasi, Beswan mulai membantu untuk mengarahkan ke dalam barisan antrian untuk medical check up. Bagi pendaftar yang telah lolos memenuhi persyaratan donor darah, mereka langsung diarahkan untuk duduk di ruangan tunggu sambil menunggu antrian selanjutnya dalam proses pengambilan darahnya.

Dokumentasi registrasi pendonor darah

 

 Dokumentasi medical check up donor darah

 

Pendonor yang berhasil mendonorkan sekantong darahnya untuk RSUP. M. Damil Padang diberikan apresiasi atau sebagai tanda terima kasih berupa telur mentah satu papan dan bingkisan berupa biskuit dan susu. Kegiatan ini berhasil memenuhi parameter jumlah pendonor yaitu 100 orang dengan 100 kantong darah. Sebelumnya, terdapat 115 orang pendaftar donor darah, namun 15 

orang yang gagal memenuhi persyaratan donor darah pada kali ini.

Kegiatan donor darah ini sangat membantu untuk pihak rumah sakit dan pasien yang membutuhkan donor darah untuk penyakitnya dan tentunya diharapkan untuk dapat dilestarikan kegiatan ini. “Kegiatan donor darah yang diadakan oleh KSE UNAND ini sangat bermanfaat sekali bagi kami karena telah membuka wadah bagi kami untuk menyediakan ketersediaan donor darah bagi pasien-pasien di rumah sakit yang membutuhkan. Rumah sakit sangat membutuhkan 5000 kantong setiap bulannya, oleh karena itu kami sangat berterima kasih kepada Paguyuban KSE UNAND telah bekerja sama dengan kami untuk mendapatkan 100 kantong darah. Kami sangat berharap kegiatan ini dilestarikan dan semoga kedepannya kita dapat bekerja sama kembali,” ucap Zulkarnain, S. KM., M. BIOTEK dari pihak RSUP. M. Djamil Padang.

Kegiatan donor darah ini mampu memberikan pengalaman yang baru bagi para beswan. “Kegiatan donor darah kali ini seru banget karena kita bisa turun langsung bersama pihak rumah sakit dengan memberikan wadah untuk pendonor agar bisa membantu sesama yang membutuhkan,” ucap Rahma Dini Putri dari Jurusan Akuntansi angkatan 2023.

Selain itu, tidak hanya memberikan pengalaman bagi para beswan, tetapi banyaknya pengalaman yang didapatkan dari para pendonor. Para pendonor sangat berlomba-lomba untuk turut dalam kegiatan donor darah kali ini, bahkan setelah ditutupnya registrasi masih banyak mahasiswa yang ingin sekali mendaftar untuk mendonorkan darahnya. “Banyak banget mahasiswa bahkan dosen yang excited sama kegiatan donor darah ini.


Disayangkan sekali, karena registrasinya sudah ditutup, masih banyak banget tadi sekumpulan mahasiswa yang menanyakan kegiatannya masih dibuka atau tidak. Semoga kedepannya Paguyuban KSE UNAND dapat meningkatkan kuota dari pendonor,” ucap Diah Fauziyyah Yalvi dari Jurusan Hubungan Internasional angkatan 2023.

Bagi para pendonor yang rutin sekali tiga bulan untuk mendonorkan darahnya, kegiatan ini sangat membantu untuk memberikan wadah untuk melaksanakan donor darah rutin. “Sudah lama saya mencari kegiatan donor darah di sekitar UNAND, namun belum bisa saya temukan yang sesuai dengan jadwal saya. Dengan diadakannya kegiatan dari Paguyuban KSE UNAND, ini dapat saya memanfaatkannya agar donor darah rutin saya bisa saya laksanakan. Selain itu, panitia-panitia dari Paguyuban KSE UNAND juga ramah-ramah dalam melayani para pendonor,” ucap Nabilah Fortun selaku pendonor darah dari Jurusan Farmasi angkatan 2021.



 

Divisi Hubungan Masyarakat

KSE Universitas Andalas

Sharing-Networking-Developing

 

#KSENusantara

#KSEUnand

#salamsuKSEs 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India . Credit to Ridwan Rosman Syarif