Senin, 13 November 2023

MEMORI MEMBAHANA: Pengalaman Tak Terlupakan di KSE Student Summit 2023



 

KSE Student Summit merupakan kegiatan tahunan yang mempertemukan perwakilan Paguyuban Beasiswa KSE se-Nusantara. KSE Students Summit 2023 diselenggarakan di Cirebon, Jawa Barat pada tanggal 4 s.d. 12 November 2023 di Hotel Bentani, Cirebon, Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti oleh 113 mahasiswa dari 35 PTN di Indonesia. KSE Student Summit 2023 menghadirkan narasumber yang luar biasa dalam menyampaikan materi yang bermanfaat dan penting bagi para Beswan KSE. Narasumber dalam kegiatan ini adalah:

1. Tatan A. Taufik (Dewan Pengawas KSE): KSE Values

2. dr. Karina Kalani Firdaus, Sp.KJ. (Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa): Mental Health

3. Wilda Yanti (Aktivis & Praktisi Bank Sampah): Waste Management


 


 

Selain itu, juga terdapat beberapa materi yang disampaikan oleh para alumni KSE. Beberapa materi yang diterima oleh peserta selama kegiatan tersebut adalah materi menjadi pemimpin yang hebat yang disampaikan oleh Arief Mulizar (Alumni KSE Unpad), Mengelola SDM dan Membangun Kerjasama Tim yang disampaikan oleh Rendy A. fajrin (Alumni KSE ITS), Powerfull Communication dan Communication in Paguyuban oleh Karvin Fadila (Alumni KSE UINJKT), Build Your Intrapraneurship  for Organization oleh Niki Nugraha (Alumni KSE Unpad), Community Development oleh Dewi Ghitsatul Hisan (Alumni KSE UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Rico Panandista (Alumni UI), Menghitung Social Return and Investment (SROI) oleh Rico Panandista (Alumni UI). Pada kegiatan ini, narasumber berbagi ilmu untuk menggali semangat peserta menjalankan paguyuban dan mengembangkan program Community Development.


 

Perwakilan Paguyuban KSE Universitas Andalas dalam kegiatan KSE Student Summit 2023 adalah Rafi Arkan Dinata sebagai Ketua Paguyuban KSE UNAND, M. Vicky Atthariq sebagai Ketua Community Development, dan Muhammad Mufaddhal Giffari sebagai Koordinator Kewirausahaan.

Dalam acara ini, Rafi menyampaikan bahwa selama mengikuti kegiatan KSE Student Summit 2023, ia diajarkan bukti nyata dari motto KSE, yaitu Sharing, Networking, dan Developing, Tanggal 4-12 November 2023, Saya dan 2 orang teman dari KSE UNAND mengikuti program KSE Students Summit yang diadakan di Cirebon, tepatnya di Hotel Bentani. Saya sebagai ketua paguyuban diutus untuk menjadi delegasi dari paguyuban KSE UNAND. Kegiatan ini sangat berkesan bagi saya dan juga bagi banyak leader lainnya se-Nusantara. Di sini, kami diajarkan bagaimana untuk menjadi seorang leader yang baik, banyak aksi nyata yang kami lakukan selama program ini salah satunya social mapping yang mengajarkan bagaimana cara paguyuban untuk bermitra dengan pihak pemerintah dan juga komunitas. Kegiatan ini mengajarkan saya bukti nyata dari motto KSE Sharing, Networking, dan Developing. Terimakasih untuk Yayasan Karya Salemba Empat yang sudah memberikan Saya kesempatan yang luar biasa ini. Semoga dengan kegiatan ini paguyuban KSE UNAND dan juga nama KSE bisa menjadi kebanggaan bagi semua Beswan dan juga alumni nantinya. Sekali lagi, terimakasih KSE, Saya bangga menjadi Beswan KSE,” tutur Rafi (11/11/23)

Selanjutnya, M. Vicky Atthariq selaku ketua Community Development juga menuturkan bahwa kegiatan KSE Student Summit 2023 sangat berkesan baginya dalam membangun kepemimpinan dan mengenal para pemimpin KSE se-Nusantara, "Dalam KSE Students Summit di Cirebon, Saya hadir sebagai perwakilan dari Paguyuban KSE UNAND selaku Ketua Community Development. Pengalaman ini sangat berkesan dalam membangun kepemimpinan dan saling mengenal dengan pemimpin lain KSE se-Nusantara. KSE Student Summit ini menginspirasi Saya dari awal hingga akhir, dengan momen-momen penuh semangat, kedisiplinan dan berbagai kegiatan. Materi yang diberikan oleh narasumber memberikan Saya wawasan yang mendalam tentang berkomunikasi, mengelola organisasi, dan berinteraksi dengan beragam teman. Acara ini memberikan kesan kepada Saya dengan semangat baru untuk mengimplementasikan dan berbagi pembelajaran yang Saya dapatkan. Terima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam KSE Student Summit 2023 karena telah memberikan kesan yang begitu mendalam terhadap hidup Saya. Sekali lagi, Saya sangat bersyukur diberikan kesempatan yang unik. Saya berharap bisa terlibat lagi dalam pengalaman serupa di masa yang akan datang,” tutur M. Vicky Atthariq selaku ketua Community Development.

Mufaddhal menyampaikan bahwa kegiatan KSE Student Summit adalah wadah baginya untuk manambah relasi dan bertukar pikiran dengan para leader se-Nusantara, “Pada Kegiatan KSE Student Summit yang diadakan di Cirebon, 4–12 November, Saya diamanahkan sebagai salah satu perwakilan dari paguyuban KSE UNAND untuk mengikuti kegiatan tersebut. Banyak hal baru yang Saya dapatkan dari kegiatan ini. Dimulai dari bertemunya dengan teman-teman se-Nusantara dari Sabang sampai Merauke yang dikumpulkan dalam satu agenda ini, dapat menambah relasi dan bertukar pikiran dengan para leader tersebut. Pelatihan ini memberikan wawasan mendalam tentang berbagai konsep dan keterampilan yang relevan dengan bagaimana menjadi pemimpin yang baik. Salah satu hal yang paling berkesan adalah interaksi dengan sesama peserta dan fasilitator pelatihan. Diskusi kelompok dan pertukaran pengalaman praktis telah memperkaya pemahaman Saya dan memberikan perspektif yang beragam. Saya sangat menghargai suasana kolaboratif yang dibangun selama kegiatan tersebut. Selama proses pelatihan, Saya menemukan kekuatan dan potensi baru dalam diri Saya. Adanya tantangan memberikan kesempatan untuk mengatasi hambatan dan meningkatkan keterampilan Saya. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini. Semoga pengalaman ini menjadi landasan bagi perkembangan karier Saya dan membantu mencapai tujuan yang lebih tinggi,” tutur Muhammad Mufaddhal Giffari selaku Koordinator Kewirausahaan (11/11/23).

 



 

Divisi Hubungan Masyarakat

KSE Universitas Andalas

Sharing-Networking-Developing

 

#KSENusantara

#KSEUnand

#salamsuKSEs 


 

 

  

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India . Credit to Ridwan Rosman Syarif