Senin, 22 Februari 2016

Paguyuban on Camp 4 KSE Unand

Paguyuban On Camp di sungai bangek
         Kali ini paguyuban KSE Unand mengadakan kegiatan yang bernama Paguyuban on Camp (POC) yang ke 4. POC merupakan salah satu program kerja terbesar di Paguyuban KSE Unand. Kegiatan ini memiliki dua tujuan yaitu tujuan internal serta tujuan eksternal. Tujuan internal berupa meningkatkan hubungan kekeluargaan antar sesama penerima dan sebagai pengingat  akan kewajiban-kewajiban selama sebagai penerima beasiswa KSE Unand. Sedangkan tujuan eksternal dari kegiatan ini adalah sebagai wadah pengabdian kepada masyarakat berupa sharing ilmu sesuai dengan moto KSE yaitu saling sharing.
          Adapun POC sendiri dilakukan selama dua hari yaitu sabtu-minggu, 13-14 Februari 2016. Rangkaian acara POC diawali pada sabtu pagi, para peserta akan melaksanakan tujuan eksternal dari POC yaitu pengabdian masyarakat berupa pengembangan potensi anak indonesia. Para peserta POC adalah penerima baru beasiswa KSE, dibagi menjadi 4 kelompok besar. Tiap kelompok diberikan tema yang akan menjadi landasan bagi tiap kelompok untuk memilih projek. Tema-tema tersebut yaitu lingkungan, pendidikan, kesehatan, dan technopreneur. Projek-projek tersebut memiliki sasaran yaitu anak-anak sd 21 sungai bangek, lubuk minturum, padang. Untuk tema lingkungan, mereka mengangkatkan projek berupa hidrojell, water ray, dan pemanfaatan bahan bekas, dengan sasaran anak kelas 1 dan 2. Untuk pendidikan, projek yang dilakukan adalah pemberian motivasi mengenai cita2 dan manfaat menabung sejak dini dengan sasaran anak kelas 3 dan 4. Untuk bidang kesehatan, mereka mengangkatkan projek berupa dokter kecil, pemeliharaan gigi dan mulut, serta gizi dengan sasaran kelas 5 sd. Sedangkan untuk bidang technopreneur, mereka memiliki program kerja berupa roket air dan membuat kerajinan tangan dari koran dengan sasaran anak kelas 6.
siswa sd 21 sungai bangek, lubuk minturun

ini nih bidang pendidikan
bidang kesehatan pemeliharaan gigi dan mulut
bidang technopreneur sedang membuat kerajinan dari koran
        Setelah acara pengabdian masayarakat tersebut, para peserta dengan berjalan kaki menuju lokasi camp, yaitu di bumi perkemahan sungai bangek yang lokasinya tidak begitu jauh dari sd. Sesampainya di lokasi camp, para peserta diberikan  waktu untuk beristirahat dan mempersiapkan acara penampilan bakat pada malam harinya. Acara pembukan poc sendiri dilakukan pada sore hari selepas ashar. Pembukaan terdiri dari kata sambutan dari ketua panitia, ketua paguyuban, pembacaran patako tiga belas (peraturan selama kegiatan), pemberian nama suci dan cermin, pengumpulan telepon genggam dan kemudian dilanjutkan dengan games sebelum waktu salat magrib masuk. Games yang dilakukan yaitu permainan memindahkan bola pingpong melalui pipa yang terbuat dari kertas yg saling sambung menyambung. Pada games ini dibutuhkan kerja sama tim agar tiap bola pingpong dapat melewati pipa tanpa terjatuh.
pembukaan poc
peserta poc lagi baris nihh

       Selepas magrib, acara dilanjutkan dengan penampilan video kegiatan POC tahun sebelumnya dilanjutkan dengan penampilan bakat dari peserta, dan diakhiri dengan pemutaran video yang berisikan kegiatan-kegiatan yang telah dilalui selama kurang lebih 5 bulan belakangan. Selesai pemutaran video, peserta dipersilahkan beristirahat. Masuk ke acara inti, pada tengah malam hari, terdapat kegiatan malam berupa tiap tim, harus bekerja sama melewati posko. Ada 3 posko yang terdiri dari posko satu berupa games pemecahan kata sandi yang nantinya akan dibawa ke posko dua untuk dibahas. Di posko dua ditanyakan kembali mengenai kata kunci yang dibawa dari posko satu. Sedangkan posko 3 terdiri dari uda uni alumni KSE Unand yang akan sgaring dengan penerima baru mengenai KSE lebih jauh.
         Setelah kegiatan malam, peserta dipersilahkan buat beristirahat sampai waktu subuh tiba, selesai subuh, acara dilanjutkan dengan senam pagi, selepas senam pergi diadakan perlombaan rangking satu, yang merupaka program kerja divisi pendidikan. Acara terakhir berupa penutupan acara poc, salam-salam antara perpanjangan dengan penerima baru.
pengurus lagi masang tenda untuk poc

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India . Credit to Ridwan Rosman Syarif