Jumat, 08 Januari 2016

Proses Belajar Mengajar Racer

            Pada hari Jumat 20 dan Sabtu 21 November, untuk pertama kalinya di pengurusan 2015/2016 ini divisi Racer melaksanakan Bimbel Racer yang diadakan di Rupa. Bimbel ini dilaksanakan dalam 2 kali seminggu yaitu setiap hari Jumat dan Sabtu. Pada tahun ini, pelajar yang mengikuti Bimbel sebanyak 33 orang. Proses belajar mengajar terdiri dari 2 kelas dengan 2 shift. Dalam satu kelas ada yang berjumlah 17 orang dan 16 orang. Shift pertama berlangsung dari pukul 15.00 – 16.30 WIB sedangkan shift kedua dimulai dari pukul 16.30 – 18.00 WIB. Dalam 1 shift terdapat 2 orang tentor sehingga dalam 1 hari terdapat 4 orang tentor yang akan membimbing para siswa-siswi Racer.
Pada minggu pertama, terdapat 4 mata pelajaran yang diajarkan yaitu Matematika dan Bahasa Inggris pada hari Jumat serta Kimia dan Biologi pada hari Sabtu. Bimbel pada minggu pertama ini berjalan dengan lancar. Sebelum dimulainya proses belajar mengajar, terlebih dahulu dilakukan sesi pengenalan antara mentor dengan adik-adik Racer.  Adik-adik yang mengikuti Bimbel ini sangat antusias serta bersemangat untuk mengikuti Bimbel ini. Menurut mahasiswi jurusan Biologi yang juga merupakan PJ tentor ini, dalam melaksanakan Bimbel ini, 30 menit pertama tentor akan memberikan materi. Lalu setelah itu, siswa-siswi akan diberikan beberapa buah soal yang akan mereka kerjakan dan nantinya akan dibahas bersama-sama.
Bimbel di tahun ini mengalami perkembangan dan perubahan sistem tentor. Satu orang tentor bisa mengajarkan lebih dari satu mata pelajaran dan itu tergantung dari mata pelajaran apa yang dikuasai dan bisa diajarkan. Proses belajar mengajarnya juga karena belum ada silabus, maka pelajarannya disesuaikan dengan pelajaran yang adik-adik pelajari di sekolah. Adik-adik sangat antusias dan banyak menanggapi apa yang disampaikan oleh tentor. Dalam proses belajar mengajar di Bimbel Racer ini, yang menjadi tentor tidak hanya dari divisi Racer tapi juga bisa dari divisi lain.
Sebuah kata motivasi yang menginspirasi dari divisi Racer yaitu ’’Mendidik adalah tugas dari orang-orang yang terdidik’’. Jadi semua tidak terbatas, apakah masih kuliah atau sudah tamat, dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India . Credit to Ridwan Rosman Syarif