Sabtu, 19 Maret 2016

FGD : LGBT ( Lesbian, Gay, Bisekual dan Transgender)

Kamis,25 februari 2016 divisi pendidikan melakukan kegiatan rutin yaitu program FGD (Focus Group Discussion). FGD dilakukan di Rupa (Rumah Paguyuban) pada pukul 19.00 - 21.00 wib. Tema malam FGD yaitu tentang isu LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender). Isu ini merupakan isu terhangat selama mengawali awal tahun 2016 hingga Februari tahun ini. Konsep yang dilakukan oleh divisi pendidikan sedikit berbeda dengan adanya pembagian kelompok, maksimal 6 orang dan setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi di depan seluruh kelompok. Dengan terbentuknya 8 kelompok ini memberikan suasana FGD semakin ramai dan semangat dan dengan adanya jargon-jargon dari tiap kelompok juga memberikan kegiatan FGD semakin seru. Isu LGBT diangkatkan sebagai isu FGD oleh paguyuban KSE Unand dikarenakan isu tersebut menjadi isu nasional dan sedang hangat di bicarakan oleh masyarakat.
lagi serius diskusi nih
Peserta selalu antusias dan  tertarik dengan FGD ini karena selalu mengambil isu-isu yang menarik. Seperti isu LGBT yang saat ini berpengaruh terhadap  keaarifan lokal. Masalah ini ternyata sangat krusial dan mengikis budaya serta  keaarifan local. Sebagai contoh keaarifan lokal adalah pernikahan minang kabau itu sendiri, minang kabau punya budaya,adat dan istiadat yang mengatur tentang pernikahan dan pernikahan merupakan budaya yang sacral. Pernikahan LGBT tidak diakui karena tidak sesuai syariat agama dan kebudayaan adat istiadat sehingga akan melunturkan adat istiadat yang sakral. Semoga FGD bertemakan LGBT ini bisa membawa kita lebih berfikir tentang suatu hal yang lebih baik lagii, semangat ya semuanya.
lagi diskusi ada aja yang sadar camera ya hihi
yuk baca narasinya duluu
peserta antusias banget yaa

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India . Credit to Ridwan Rosman Syarif