Senin, 28 April 2014

RACer, Meskipun Libur Tetap Berikan Bimbel

Tahun ajaran baru Rumah Anak Cerdas  (Racer) Paguyuban Karya Salemba Empat (KSE) Universitas Andalas (Unand) dimulai tanggal 17 januari 2013, bertepatan  dengan libur semester ganjil  2013/2014. Roza Mulyani, Kepala Sekolah Racer mengatakan tidak ada waktu libur untuk Racer meskipun para tentor sedang libur semester. “Karena tahun ajaran baru untuk Racer sudah dimulai mau tidak mau kita harus jalan terus.Walaupun bertepatan dengan libur semester tapi kami tetap mengajar adik-adik ini.” Ujarnya, (23/01).
                Tercatat, pada periode kepengurusan  Racer 2013//2014 ini  ada 23 orang tentor, namun yang aktif mengajar hanya sekitar 10 orang. Racer KSE Unand yang sudah berjalan dari Oktober tahun lalu ini memiliki siswa  sebanyak 40 orang yang teriri dari 20 untuk IPA, dan 20 untuk siswa IPS.
                Lebih lanjut Roza mengatakn tentor yang bisa mengajar selama libur hanya tiga orang.”Selama ibur tentor yang bisa ngajar haanya tiga orang saja, satu tentor IPS dan dua tentor IPA.Meskipun sedikit dan mengganggu libur mereka tentor ini tetap semangat mengajar,” sambungnya.
                Menegenai sistem pembelajaran Racer, mahasiswi Kimia angkatan 2010 tersebut menjelaskan teknik belajar di racer sama seperti Bimbingan belajar (Bimbel).  “kami memberikan bimbingan belajar kepada aadik-adik ini serius tapi juga santai agar pikiran adik-adik ini tidak tegang.  Sambil belajar juga mendalami karakter masing-masing adik-adik ini,” ujarnya.
                Selanjutnya Roza mengatakan untuk saat ini sistem Racer dirubah sesuai dengan kebutuhan siswa.“ Satu jam pertama kami adakan try out, dan dua jam seterusnya kita melakukan pembahasan. Dengan Try out ini kita bisa mengetahui perkembangan adik-adik itu, sejauh mana mereka siap uutuk menhagadapi ujian nasional,” tambahnya.
                Rani Zafira Arman, tentor IPA sekaligus Sekretaris Racer mangatakan Racer harus tetap jalan karena mengingat waktu Ujian Nasional  (UN) semakin dekat. “Di sekolah mereka belum maksimal belajar, sekarang semangat mereka juga sudah kurang untuk belajar, padahal sebentar lagi ujian nasional.Meliha hal ini kami memutuskan untuk tetap memberikan bimbingan kepada adik-adik ini meskipun kita sedang libur.  Saya takutnya jika Racer juga diliburkan adik-adik ini akan banyak ketinggalan peajaran dan persiapan merek juga kurang nantinya,” ujar Mahasiswi Faramasi ini
                Lebih lanjut, Rani mengatakan Racer juga mengadakan sesi konsultasi untuk siswa Racer dalam menentukan Perguruan Tinggi Negeri yang mereka pilih, “ Sebentar lagi adik-adik ini akan memasuki bangku perkuliahan, dari racer kami mengadakan konsultasi jurusan. Kami membimbing dan menjelaskan kepada adik-adik tersebut teknik agar diterima di PTN dan memperkenalkan jurusan serta fakultas yang aada di PTN  kepada mereka,” terangnya.
                Hal senada diungkapkan Ayu Lestari, Tentor IPS ini mengaku tidak berkeberataa jika harus mengajar di waktu libur.“Saya merasa bertangung jawab terhadap perkembanagan belajar adik-adik ini.Meskipun tentor yang ada hanya tiga orang, namun kami tetap semangat mengajar adik-adik Racer. Saya berharap untuk tentor-tentor  yang lainnya agar bisa kembali mengajar karena adik-adik ini butuh bimbingan ekstra untuk menghadapi ujian,” harapnya.
                Puja Dewi Perdana, siswi Racer asal SMA 15 Padang ini mengatakan sangat antusias belajar di Racer.“Racer ini sangat membantu saya daalam belajar.Kalau tentornya telat datang atau tidak hadir, saya belajar sendiri di sini.Orang tua saya sangat mendukung saya belajar di Racer, selain grais, di Acer ini saya juga mendapatkan kakak-kakak dan abang-abang baru untuk tempat bertanya,” tutrrnya.  Siswi yang  bercita-cita ingin kuliah di Unand ini berharap untuk ke depannya tentor-tentor Racer lebih banyak lagi yang datang karena mereka merasa kekurangan tentor



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India . Credit to Ridwan Rosman Syarif