Senin, 28 April 2014

Bersama BISMA Cerdaskan Generasi Muda

“bersama bisma angkatan VI, ku percaya bersama menggapai prestasi…
Itulah sepenggal lirik lagu angkatan dari Bisma batch 6 yang baru saja dihelat. Seratus lima puluh orang Mahasiswa yang terdiri dari 120 penerima BISMA dan 20 orang peserta peninjau yang berasal empat belas perguruan tinggi di Indonesia berkumpul diLembah Tidar Magelang dalam rangkaian pelatihan Indofood Leadership Camp I &II. Selama sembilan hari mahasiswa ditempa dengan nilai-nilai dasar kepemimpinan, kedisiplinan, kepedulian serta kecintaan terhadap tanah air.
Indofood Leadership Camp I & II kali ini menghadirkan nuansa yang berbeda dari batch pelatihan sebelumnya, dimana camp I dan II yang pada batch sebelumnya dipisah namun untuk batch 6 kedua camp tersebut digabungkan. Indofood Leadership Camp (ILC) dilaksanakan dari tanggal 7-15 Februari 2014.ILC I dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 7-9 Februari 2014. Hari pertama sebelum acara pembukaan ILC I&II secara resmi di Akademi Militer Magelang, peserta ILC disambut dengan hangat di pabrik noodle Indoofood Semarang. Kami diajak untuk mengenal lebih jauh tentang Indofood berdasarkan pemaparan langsung dari pihak Indofood, tak lupa kami berkeliling pabrik Indofood dan berkesempatan melihat langsung proses pembuatan mie instan.
Pembukaa dipimpin langsung bapak Wakil Gubernur Akademi Militer Magelang serta dihadiri oleh pengurus KSE dan perwakilan Indofood.Setelah dibagi menjadi 4 pleton kami resmi mengikuti ILC I serta resmi mengikuti aturan yang diberlakukan di Akmil. Jujur saja, kami semua kaget dengan aturan yang berlaku mulai dari tata cara makan sampai cara berbicara diatur. Awalnya tentu saja sulit untuk menyesuaikan apalagi dengan 150 orang yang berbeda kebiasaan namun secara perlahan dan sabar para pelatih dan officer membimbing serta memberi motivasi bagi kami semua walau kadang  diselingi dengan hukuman seperti push up yang sudah kami anggap cemilan sehari-hari.
ILC I memberikan pemahaman yang baik lewat materi tentang pengenalan diri dan pembangunan karakter yang disampaikan langsung oleh Bapak Sidarto Danusubroto (Ketua MPR RI) kemudian Pembangunan karakter dan Pengenalan diri melalui biografi bapak Joseph Bataona yang begitu menginspirasi lalu bagaimana “self leadership dan inspiring&developing other” bersama bapak Sujarwo Silas yang begitu mengena. Malamnya kami duduk melingkar bersama bapak Satriadi Indarwan berdiskusi tentang The meaning of life yang membuat kami berkaca dan menelusuri makna hidup yang sudah kami jalani. Kami juga dibekali emotional Intelligent dari ibu Ami Tantri serta Winner Roadmap& Good to serta Bild Up dream bersama ibu Rima Olivia dengan simulasi yang menarik dan penuh makna.
ILC II kami mulai dengan Pembentukan karakter oleh bapak Wakil Gubernur Akmil Magelang setelahnya kami disuguhi materi Membangun Pertahanan Negara yang Kuat oleh bapak George Royke yang sangat bersemangat lalu Kepemimpinan Lapangan oleh bapak Soebagio. Tak lupa tentang Wawasan Kebangsaan oleh bapak Joko, Psikologi Kepemimpinan serta How To Fight oleh  bapak Pujianto. Keseluruhan materi pada ILC II diisi oleh Perwira Tinggi Akmil Magelang.Di ILC kami bukan hanya diberi materi tentang kepemimpinan tapi juga diwajibkan mempraktekkan ilmu yang sudah kami dapatkan.
Dua hari sebelum ILC II berakhir kami melakukan praktek kompas, outbond serta survival yang merupakan pengalaman yang benar-benar baru karena bukan hanya bertahan dengan alat seadanya di alam terbuka, kami juga diajari ilmu bertahan hidup termasuk cara menangkap ular dan diharuskan menangkap ular piton saat survival. Kami juga melaksanakan dialog interaktif bersama Taruna Akmil serta makan siang bersama.

Selama 9 hari mengikuti ILC saya mendapatkan begitu banyak ilmu baru serta pengalaman yang takkan saya lupakan.Bersama 149 orang saudara baru saya, saya merasa ILC bukan hanya sekedar pelatihan tapi lebih sebagai sarana mengokohkan hati serta niat untuk mulai berbakti kepada ibu pertiwi.Sungguh berkali-kali saya mengucap syukur telah diberi kesempatan untuk mengikuti ILC dan bertemu dengan begitu banyak orang yang menginspirasi yang menunjukan tentang esensi hidup serta persistensi.

…dibawah bendera Karya Salemba Empat, kita pasti bisa !”

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India . Credit to Ridwan Rosman Syarif