Senin, 20 November 2023

KSE ON VACATION- “MEMORIES UNFOLD: JEJAK KENANG KISAH KITA DI PAGUYUBAN”

Kse on Vacation (KOV) merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilakukan oleh Paguyuban KSE UNAND. KOV dilakukan  sebagai ajang pendekatan sesama beswan melalui kegiatan yang asik dan seru dan mempunyai tujuan penting diantaranya menumbuhkan rasa cinta dan nyaman dengan Paguyuban KSE UNAND, kemudian menjalin silaturahmi dengan alumni KSE UNAND. KOV dilaksanakan di Villa Biru, Lubuk Minturun pada 18-19 November, kegiatan yang dilaksanakan yakni games, api unggun, makan bersama, senam bersama dan lain sebagainya. Dengan adanya KOV diharapkan dapat memberikan rasa nyaman dan rasa mencintai Paguyuban KSE UNAND sehingga seluruh beswan mau mengikuti kegiatan Paguyuban KSE UNAND yang valuenya dapat menjadi bekal untuk di masa mendatang.

 Hari pertama KOV terdapat 3 games yang dimainkan yaitu game remember me, game estafet cukuruk, dan game kerang mutiara. Game remember me adalah game yang mewajibkan setiap beswan mengikuti dan mengulang identitas yang diucapkan oleh setiap beswan dengan tujuan seluruh beswan saling mengenal lebih dekat, kemudian game estafet cukuruk, yaitu satu orang memasukkan ceting kedalam kawat yang sudah digantung dan setelah masuk langsung berlari untuk melakukan penggantian pemain, tujuannya adalah guna menjalin kerjasama, kekompakan, serta strategi beswan. Selanjutnya ada game kerang mutiara yaitu game yang memiliki aturan yaitu apabila disebutkan kerang maka beswan ada yang berdiri sedangkan bila disebut mutiara maka ada beswan yang duduk didalam lingkaran beswan yang menjadi kerang.  Tujuannya untuk melatih focus dan kekompakan beswan KSE UNAND.

Tiga permainan telah dimainkan, maka diberikan arahan kembali kepada seluruh beswan yang telah terbagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan diskusi terkait yel-yel dan penampilan bakat.  Setelah shalat Isya selesai, maka dilakukan makan bersama oleh seluruh beswan dan juga Uda Uni yang hadir pada acara KOV. Makan malam bersama selesai dilakukan maka kegiatan yang dilakukan adalah penampilan yel yel dan bakat kelompok. Setiap kelompok menampilkan yel yel yang telah dibuat masing masing kemudian ditampilkan dihadapan seluruh beswan, bukan hanya yel yel, melainkan bakat dari kelompok tersebut juga turut ditampilkan dan nantinya akan diberikan komentar serta penilaian dari Uda Uni yang menjadi juri. Hasil dari penampilan bakat dan yel yel kelompok tersebut dimenangkan oleh kelompok 4 yaitu kelompok Oyo.






KOV  tahun ini cukup berbeda dengan tahun sebelumnya, karena pada KOV kali diadakan suatu acara yang biasanya dilakukan saat acara resepsi pernikahan orang Minang, Acara tersebut adalah permainan KIM (Kesenian Irama Minang). KIM Merupakan suatu permainan tradisi Minangkabau yang menggunakan pantun dan angka. KIM adalah permainan mendengarkan angka berapa yang disebut penyanyi kemudian menandai nya, apakah angka tersebut ada pada kartu kita atau tidak, kemudian, apabila satu baris telah penuh empat angka, maka peserta berhak maju untuk mendapatkan hadiah. Hadiah yang disediakan saat KOV kali ini diantaranya ada payung, gelas, cermin, celengan, dan bingkisan lainnya. Adapun pemandu acara KIM tersebut adalah Sandra Juwita, Ratu Qhaisya, Ayu Maharani dan Bang Ivan yang merupakan salah satu Uda Uni yang datang ke acara KOV.



Setelah acara KIM selesai, maka disambung dengan sharing with Uda Uni. Sharing Uda Uni dilakukan denghan mengelilingi api unggun yang telah disiapkan. Acara sharing dengan Uda Uni terasa seperti pesan yang diberikan oleh seorang kakak kepada adiknya yang dibalut dengan suasana desa yaitu menyatu dengan alam. Bang Ivan dan bang Fahri yang memberikan penyampaian pada kesempatan tersebut, adapun yang disampaikan bang Ivan, bahwasanya beasiswa KSE adalah beasiswa yang bukan sekedar memberikan uang saja, namun lebih dari itu. Beasiswa KSE ini adalah keluarga yang membimbing satu sama lainnya untuk memudahkan apa yang menjadi kesulitan sesama beswan dan KSE ini jugalah tempat belajar untuk menjadi seorang lebih baik untuk mengahadapi masa depan. Adapun dari bang Fahri menyampaikan bahwasanya Rumah Paguyuban (RuPa) KSE UNAND adalah tempat yang wajib untuk dikunjungi karena itu adalah rumah kita dan tempat kita berkumpul dengan keluarga kita, sempatkan, datangi dan kunjungi RuPa, karena itu adalah rumah kita yang harus kita jaga, bukan hanya fisiknya melainkan kenangan dan kisahnya juga. Setelah penyampaian dari bang Ivan dan bang Fahri selesai, maka acara sharing Uda Uni ditutup dan dipersilahkan kepada setiap beswan untuk beristirahat.



Hari kedua KOV diawali dengan senam bersama. Setelah senam selesai dilakukan maka dilanjutkan dengan game mini kuis seputar Yayasan Karya Salemba Empat dan Paguyuban KSE UNAND dari Uda Uni guna mengenal lebih dalam mengenai Karya Salemba Empat, games tersebut berhasil dimenangkan oleh Dhea Rahayu. Selanjutnya game dilanjutkan dengan game ular naga, game ini dimainkan secara berkelompok dengan memecahkan balon yang ada pada kelompok lain, Kelompok yang memenangkan game ular naga ini adalah kelompok 3. Selanjutnya game dilanjutkan dengan game tarik tambang. Game tarik tambang ini dibedakan antara putra dan putri, game tarik tambang putra dimenangkan oleh Rahman, Vigo dan Prima yang ketiganya merupakan mahasiswa dari jurusan elektro, sehingga dinamakan kelompok atau tim elektro. Kemudian game tarik tambang putri dimenangkan oleh  kelompok 2 setelah berhasil mengalahkan setiap kelompok putri yang dihadapi nya. Tiga games telah dilakukan dihari kedua dengan tujuan melatih kerjasama, kekompakan, dan strategi kelompok. Games ini tentunya didapatkan kenangan yang berharga oleh setiap beswan dan nantinya akan menjadi kisah mereka masing masing yang akan tersimpan dalam hati mereka. Setelah game hari kedua selesai, maka dilanjutkan dengan kegiatan bebas dan bersiap untuk pulang.. Setelah selesai, maka makan siang dilakukan secara bersama kembali. 



"Acara KSE On Vacation (KOV) kemarin seru banget! aku jadi kenal temen-temen KSE yang lain yang sebelumnya aku belum pernah ketemu di rupa dan bonding sama mereka. banyak waktu yang kita habiskan bareng-bareng membuat aku jadi makin akrab apalagi games berkelompok bikin aku jadi lebih berani untuk ngobrol atau interaksi dengan orang baru. KOV kemarin sukses abis!! semoga KOV tahun depan aku bisa ikut lagii, thank you KSE of having me in that amazing experience" merupakan ungkapan dari Nabila, angkatan 2021 jurusan kesehatan masyarakat. Bagi Nabila KOV ini adalah ajang yang tepat untuk mendekatkan diri dan didekati oleh orang lain, sehingga dengan adanya KOV ini adalah momen untuk merangkul satu sama lain dalam ikatan keluarga.

Selain dari Nabila, hadir juga Annisa yang merupakan mahasiswa MBKM dari Universitas Tadulako, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Angkatan 2021 yang juga beswan dari Paguyuban KSE Tadulako. Annisa mengikuti KOV karena Annisa merasa dirinya juga termasuk dari Paguyuban KSE UNAND karena ia juga berasal dari satu hal yang sama yaitu beasiswa KSE.

Annisa mengatakan "Acara KSE On Vacation (KOV) kemarin seru banget! aku jadi kenal temen-temen KSE yang lain yang sebelumnya aku belum pernah ketemu di rupa dan bonding sama mereka. banyak waktu yang kita habiskan bareng-bareng membuat aku jadi makin akrab. apalagi, games berkelompok bikin aku jadi lebih berani untuk ngobrol atau interaksi dengan orang baru. KOV kemarin sukses abis!! semoga KOV tahun depan aku bisa ikut lagii, thank you KSE of having me in that amazing experience" merupakan ungkapan dari seorang Nabila, angkatan 2021 jurusan kesehatan masyarakat. Bagi Nabila Kov ini adalah ajang yang tepat untuk mendekatkan diri dan didekati oleh orang lain, sehingga dengan adanya KOV ini adalah momen untuk merangkul satu sama lain dalam ikatan keluarga.

Selain dari Nabila, hadir juga Annisa yang merupakan mahasiswa MBKM dari Universitas Tadulako, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Angkatan 2021 yang juga beswan dari KSE Tadulako. Anisa mengikuti KOV karena Annisa merasa dirinya juga termasuk dari Paguyuban KSE Unand karena ia juga berasal dari satu hal yang sama yaitu beasiswa KSE. Annisa mengatakan " Ini adalah salah satu kegiatan yang sangat meaningfull bagi saya sebagai awardee baru KSE, kegiatannya sangat menyenangkan, seru dan kekeluargaannya berasa, walaupun banyak main games dan tertawa, tapi tujuan dari kegiatannya tidak terlupakan, banyak manfaat dan hal baru yang bisa saya ambil melalui kegiatan tersebut, semoga kegiatan KOV bisa terus dilaksanakan setiap tahun, bisa semakin seru dan diikuti lebih banyak peserta"

 

Kov ini ternyata memberikan kenangan tersendiri bagi setiap beswan. Ada juga diantara beswan yang mengatakan bahwa KOV ini adalah tempat nya bermain bersama dan bergembira bersama. Hal ini sesuai dengan pernyataan Vigo Danovan  Saputra, Angkatan 2021, Jurusan Teknik Elektro "KOV ini adalah suatu momen yang menjadi kenangan berharga & sangat bermakna bagi diri saya , karena KOV ini bukan semata untuk hiburan saja, namun dengan KOV juga bisa memperkuat hubungan & membangun kedekatan kita antar satu sama lain. Kegiatan-kegiatan seperti makan bersama, bermain games, dan lain-lain dapat meningkatkan rasa kebersamaan diantara kita dengan KOV ini saya bisa untuk lebih dekat dengan teman - teman yang lain dan juga bisa berbagi cerita, serta menikmati acara bersama dengan penuh canda & tawa. KOV ini benar - benar menjadi momen indah yg tidak akan pernah saya lupakan"

Demikian sedikit cerita dari kegiatan KOV 2023. Semoga KOV kedepannya menjadi lebih baik dan lebih bermakna bagi seluruh beswan dan juga kepada Uda Uni Paguyuban KSE UNAND.



 

Divisi Hubungan Masyarakat

KSE Universitas Andalas

Sharing-Networking-Developing

 

#KSENusantara

#KSEUnand

#salamsuKSEs 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India . Credit to Ridwan Rosman Syarif