Senin, 01 Desember 2014

Aksi Bersih Lingkungan Bagian 2 : Olahraga Pagi Sambil Bersih-Bersih Unand

          


Satu lagi acara unggulan yang diangkatkan oleh penerima  KSE Unand.  Acara kali ini bernama Aksi Bersih Lingkungan Part II.  Acara ini merupakan kolaborasi Divisi Pengabdian Masyarakat (PengMas) dan Divisi Humaniora. Acara ini diadakan pada hari Minggu, 26 Oktober 2014 yang lalu. Adapun rangkaian kegiatan pada Aksi Bersih Lingkungan yaitu diawali dengan jalan santai dari Rumah Paguyuban (Rupa) menuju Kampus Unand, Limau Manis. Sesampainya di DPR (Dibawah Pohon Rindang), seluruh penerima  mengikuti senam kesegaran jasmani yang dipimpin oleh seorang penerima  bernama Tengku Lydra salah seorang anggota dari Divisi Humaniora. Seluruh penerima terlihat semangat melakukan senam dikarenakan gerakan-gerakan senam yang lucu khas Humaniora yang diiringi lagu anak muda oleh One Direction.  Selepas senam, dilanjutkan dengan orasi  yang disampaikan oleh Koordinator Divisi HumanioraMuhammad Sadri Mahasiswa Perternakan tahun 2011 mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
            Selanjutnya, kegiatan aksi bersih lingkungan dimulai. Mulanya, penerima dibagi menjadi 3 kelompok yang nantinya akan berpencar. Satu kelompok akan memungut sampah yang berada di lingkungan kampus arah Gedung Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Gedung Fakultas Hukum dan melewati sisi sebelah kanan Universitas. Satu kelompok kearah Gedung Rektorat dan satu kelompok lagi memungut sampah kearah Gedung Fakultas Ekonomi (Fekon)dan bagian kiri dari Universitas. Setiap kelompok diberi waktu satu jam untuk mengumpulkan sampah sebanyak empat kantung besar. Setelah penuh, seluruh penerima berkumpul dilapangan olahraga Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) untuk dinilai kelompok  mana yang berhasil menyelesaikan misinya. Selain penilaian untuk kelompok yang dapat mengumpulkan sampah terbanyak, ada penilaian untuk kelompok terheboh dan kelompok terkompak yang disampaikan oleh Koordinator Humaniora.
            Selepas itu, sampah yang telah berhasil dikumpulkan kemudian dibuang ke tempat penampungan sampah akhir kampus Unand. Ternyata, secara kebetulan, penerima bertemu dengan Wakil Rektor III Bapak Dr. Ir. Aprisal, MP, setelah berbincang mengenai kegiatan hari itu, beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan bermain voli bersama seluruh penerima sampai menuju siang.
            Ada yang berbeda dari kegiatan aksi lingkungan tahun ini dengan tahun sebelumnya. Dulu, kegiatan ini hanya diadakan sekali dalam satu tahun kepengurusan dan dilakukan di lingkungan sekitar RuPa hingga kampus. Namun, karena kegiatan ini dianggap baik oleh Rektor dan Wakil Rektor III Unand, beliau menyarankan agar kegiatan ini dilakukan di lingkungan kampus Unand agar dapat menjadi contoh bagi mahasiswa yang lain. Selain itu, beliau juga menyarankan agar kegiatan ini tidak dilakukan satu kali saja dalam satu tahun, tetapi dapat dilakukan rutin tiap bulan. Hal ini menjadi pertimbangan bagi Divisi PengMas dan Divisi Humaniora untuk dapat mengangkatkan kegiatan ini tiap bulannya dengan penanggung jawab yang di rolling tiap bulannya dari setiap divisi. 



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India . Credit to Ridwan Rosman Syarif